Sejarah Singkat Puang Tomanurun Tamboro Langi'

toraja culture

Pada artikel sebelumnya Sejarah datangnya Tomanurun-Tomanurun diToraja dijelaskan bahwa dari sekian banyak Tomanurun – Tomanurun yang dating di Toraja, hanya 3 (tiga) orang Tomanurun yang datang di Toraja yang terkenal dan ada dalam sejarah Toraja yaitu :

  1. Puang Tomanurun Manurun diLangi’
  2. Puang Tomanurun Tamboro Langi’
  3. Puang Tomanurun Mambio’ Langi’.
Namun dari ketiga Tomanurun ini yang dalam perkembangan sejarah Toraja yang paling terkenal dan diceritakan dalam sejarah Toraja hingga Turunan – turunannya hanyalah Puang Tomanurun Tamboro Langi’ di Kandora. Yang juga dikenal sebagai pencipta Aluk Sanda Saratu’.

Puang Tomanurun Tamboro Langi’ yang dikenal sebagai Pencipta dan yang menyebarkan Aluk Sanda Saratu’ dari Tongkonan Kandora menurut sejarah Toraja, Kawin dengan seorang puteri dari Tongkonan Ullin Sapan Deata bernama Sandabilik. Dari perkawinannya itu lahir 8 (delapan ) orang anak. 4 orang anak perempuan dan  4 orang anak laki-laki.

Yang melanjutkan ajaran aluk sanda saratu’ diman 4 orang putrinya mendiami daerah bagian barat Tondok Lepongan Bulan sebagai daerah adat Kama’dikaan sekarang ini. Dan 4 orang putranya mendiami daerah bagian tengah dari Tondok Lepongan Bulan yang dikenal sebagai daerah adat Kapuangan yang keempatnya bergelar Puang yaitu :

  1. Puang Mesok yang menguasai daerah tengah dan timur daerah adat padang di Puangngi.
  2. Puang Tumambuli Buntu yang menguasai daerah utara daerah adat padang di Puangngi.
  3. Puang Papai Langi’ yang menguasai daerah selatan daerah adat padang di Puangngi.
  4. Puang Sanda Bora yang menguasai daerah selatan daerah adat padang di Puangngi.
Menurut sejarah Puang Tomanurun Tamboro Langi’ sebagai Puang Tomanurun yang menciptakan aluk sanda saratu’ dikenal dengan Puang Tosikambi’ Aluk Sanda Saratu’ ( Puang yang memelihara dan menyebarkan aluk sanda saratu’ ).  Dipuja sebagai seorang setengah Dewa oleh penganut – penganutnya terutama didaerah adat padang dipuangngi.

Post a Comment for "Sejarah Singkat Puang Tomanurun Tamboro Langi'"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi