Proses - Proses Umum dalam Upacara Kematian di Toraja

toraja culture
Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas tentang Tingkatan Pelaksanaan Upacara Aluk Rambu Solo' berdasarkan Aluk Todolo yang pelaksanaannya disesuaikan berdasarkan kasta atau derajat seseorang. Tetapi pada dasarnya Upacara Pemakaman adalah proses yang ditentukan oleh adat hidup. Namun sebagai ketentuan umum dalam menghadapi pemakaman di Toraja semua sudah ditentukan pada setiap upacara pemakaman yang prosesnya sebagai berikut.

1. MA’DIO’ TOMATE

Ma’dio’ Tomate yaitu bagi seseorang yang baru saja meninggal dimandikan dan kemudian dipakaikan pakaian yang bagus serta perhiasan – perhiasan yang disaksikan oleh seluruh keluarganya. Dan pada saat itu dikurbankan babi atau kerbau untuk lauk pauk bagi tamu yang datang dan turut ikut memandikan. 

Mulai dari proses ini dilakukan sampai Upacara Pemakaman, orang yang meninggal ini masih tetap dianggap sebagai To Makula’ ( To = Orang, Makula’ = sakit)

2. MA' DOYA

Ma' Doya
dengan acara pertama adalah Mangremba' (Memukul) dengan seekor ayam atau lebih sebagai tanda dimulainya Upacara Pemakaman pada sore harinya. dan mulai dari sini orang yang meninggal itu tidak lagi dikatakan sebagai To Makula' tapi sudah dianggap sebagai Tomate (orang mati).

3. MA' BALUN

Ma' Balun
yaitu mayat orang mati baru secara resmi akan dibalun atau dibungkus dengan kain karena baru dinyatakan Tomate. dimana proses ini dilakukan oleh petugas yang dinamakan To Mebalun (To= orang, Mebalun= membugkus/membalut) dimana mayat itu dibungkus dibuat bulat dan bagian luar nya dihias.

4. MA' BOLONG

Ma' Bolong yaitu secara resmi seluruh keluarga dinyatakan ikut bergabung dalam acara Maro' (pantang malan nasi) bersama dengan petugas - petugas Upacara Pemakaman yang sudah sejak awal Upacara dimulai telah lebih dahulu melakukan acara Maro'.

5. MEAA

Meaa yaitu akhir dari rangkaian Upacara Pemakaman dan mayat akan diarak keluar dari tempat Upacara Pemakaman dan kemudian diantar ke kuburan atau Liang untuk dimakamkan.

6. KUMANDE

Kumande artinya seluruh keluarga yang telah Maro' selama Upacara Pemakaman berlangsung mulai makan nasi dengan acara yang dinamakan Kumande. yaitu mereka mengakhiri masa berkabung mereka dan untuk Roh yang meninggal disajikan juga makanan yang sama. yang selanjutnya roh yang dinamakan bombo pergi diantar ditengah jalan atau padang dengan maksud Roh itu dilepas ke negeri roh yang dinamakan Puya dan pengantaran ini dinamakan Unsolan Bombo atau Mangleakan.

7. UNTOE SERO

Untoe Sero (melaksanakan pelunasan upacara) yaitu melakukan acara berakhirnya Upacara Pemakaman dari yang meninggal dengan mengadakan kurban babi atau kerbau dikuburan atau liang tempat dimakamkan yang artinya hubungan yang meninggal dengan orang yang hidup tidak ada lagi.

8. MEMBASE

Membase (membersihkan diri) yaitu keluarga dari yang meninggal mengadakan kurban dirumah atau tongkonan tempat mengadakan Upacara Pemakaman yang bertujuan membersihkan diri dari hubungan - hubungan Upacara Pemakaman atau Rambu Solo' yang artinya sudah bisa lagi mengadakan kegiatan - kegiatan lain semisal mengadakan Upacara Rambu Tuka' jika ada.

9. PEMBALIKAN TOMATE

Pembalikan Tomate yaitu setiap diadakannya Upacara Pemakaman atau Upacara Rambu Solo' maka harus ditutup dengan dengan Upacara Pembalikan Tomate yang jika diperhatikan Upacara ini bisa dikatakan sudah termasuk Upacara Rambu Tuka'. Sebagai Upacara Peresmian Roh orang yang meninggal menjadi setengah Dewa yang dinamakan To Membali Puang / Todolo yang pelaksanaannya biasanya mengambil jangka waktu setelah Upacara Pemakaman selesai baru dilaksanakan Upacara Pembalikan Tomate ini tergantung dari keluarganya. namun untuk Upacara Disalli' dan Dipasang Bongi dapat dilaksanakan beberapa hari setelah selesainya Upacara Pemakaman.

Semua proses diatas adalah proses umum dalam Upacara Pemakaman atau Upacara Rambu Solo' namun pada beberapa daerah adat mempunyai cara beberapa penambahan yang disesuaikan dengan keadaan dan keperluan di daerah adat masing - masing. Dan setelah Agama Kristen dan Islam masuk ke Toraja, maka sudah tidak lagi sepenuhnya mengikuti proses diatas tetapi disesuaikan menurut ketentuan Agama masing - masing.


Post a Comment for "Proses - Proses Umum dalam Upacara Kematian di Toraja"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi