Upacara Pembalikan Tomate berdasarkan Aluk Todolo

toraja culture

Salah satu dari pada ketiga  Oknum yang dipuja  dan dipercaya dalam Aluk Todolo adalah Tomembali Puang atau Todolo (arwah leluhur) yang mempunyai kedudukan dan kewajiban memperhatikan kehidupan serta memberi berkat dan kebahagian bagi keturunannya.

Untuk resminya menjadi Tomembali Puang dari Arwah yang sudah meninggal dan telah di diupacarakan dengan Upacara Rambu Solo' sesuai dengan persyaratannya, maka setelah beberapa lama biasanya setahun padi maka akan diadakan Upacara yang dinamakan Upacara Pembalikan Tomate yaitu Upacara meresmikan arwah leluhur atau roh menjadi Tomembali Puang (setengah dewa).

Pada Upacara Pembalikan Tomate itu pemujaan ditujukan kepada Tomembali Puang yang sudah lama atau yang lebih dulu yang masih mempunyai garis keturunan dengan yang arwah yang akan diupacarakan dengan maksud agar roh atau arwah yang baru ini dapat diterima oleh mereka dengan wajar dan resmi karna mempunya tugas yang sama dengan Tomembali Puang lainnya yaitu memperhatikan kehidupan dan memberi berkat kepada keturunannya yang masih hidup.

Tiap Upacara Pembalikan Tomate pelaksanaannya disesuaikan dengan tingkatan pelaksanaan saat Upacara Rambu Solo' nya dulu. dan maka dari itu Upacara Pembalikan Tomate ini juga memiliki tingkatan dalam pelaksanaannya yaitu sebagai beriku "

  1. Upacara Pembalikan Tomate untuk orang yang dulu pemakamannya dengan Upacara Rambu Solo' Disalli' maka Upacara Pembalikannya hanya dengan Piong Sanglampa (Lemang sebatang)
  2. Upacara Pembalikan Tomate untuk orang yang dulu pemakamannya dengan Upacara Rambu Solo' Dipasang Bongi maka Upacara Pembalikannya dinamakan Ma'Tadoran dengan kurban seekor ayam
  3. Upacara Pembalikan Tomate untuk orang yang dulu pemakamannya dengan Upacara Rambu Solo Dibatang atau Didoya Tedong maka Upacara Pembalikannya dinamakan Manganta' dengan kurban beberapa ekor babi.
  4. Upacara Pembalikan Tomate untuk orang yang dulu pemakamannya dengan Upacara Rambu Solo' Rapasan maka Upacara Pembalikannya dinamakan Merok dengan kurban satu ekor kerbau sebagai kurban utamanya dan beberapa ekor babi.
Dan itulah sekilas tentang Upacara Pembalikan Tomate dalam Ajaran Aluk Todolo. Dan Upacara Pembalikan Tomate ini sebenarnya sudah tidak masuk dalam Upacara Rambu Solo' tapi merupakan bagian dari Upacara Rambu Tuka' karna dilakukan untuk tujuan penyembahan dan pemujaan kepada Tomembali Puang sebagai tanda ucapan syukur kepada Arwah leluhur.

Post a Comment for "Upacara Pembalikan Tomate berdasarkan Aluk Todolo"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi