Menyambangi Pango - Pango, Agrowisata diatas Langit Toraja

toraja culture


ketika anda berkunjung ke Toraja destinasi wisata di Toraja tidak selalu mistis. Itu karena di Toraja wisatawan juga bisa menemukan berbagai destinasi yang indah di beberapa bagiannya. dan salah satunya adalah Agrowisata Pango-Pango.

Pango-pango adalah nama dari sebuah gunung tertinggi di Makale Selatan dan merupakan satu dari sekian destinasi wisata di Toraja yang berada di atas awan. Destinasi yang satu ini tak kalah populernya dengan destinasi lain di Toraja. Seperti julukannya ‘diatas langit Toraja’, anda akan betul-betul merasakan sensasi seakan berada di langit Toraja. Berada pada ketinggian lebih dari 1.600 mdpl sudah tentu membuat atmosfir Pango-Pango sangat sejuk dan dingin. Karena itulah agrowisata ini sangat direkomendasikan sebagai tempat rekreasi, menghilangkan stress maupun sebagai tempat camping. 

Disebut agrowisata karena memang tempat ini berkonsep agro. konsep agrowisata dengan ragam perkebunan seperti kopi, coklat, jagung, dan tanaman hortikultura lainnya yang dibudidayakan secara tradisional oleh penduduk setempat.

Secara administratif Pango-Pango masuk kedalam 2 wilayah kelurahan, yakni  Tosapan dan Pasang, kecamatan Makale selatan, Kabupaten Tana Toraja. untuk sampain disini Pengunjung harus menempuh jarak ±8 km dari jalan poros Toraja – Makassar untuk mencapai puncak Pango-Pango. Begitu sampai di Pango-Pango, Anda bisa melihat pepohonan dan semak rindang yang hijau. tapi anda tidak perlu kahwatir, karna disini sudah disediakan jalan khusus untuk berjalan. Jalan ini membantu pengunjung untuk menjelajahi lokasi hutan pinus dengan nyaman. Di beberapa lokasi anda akan menemukan gazebo dan beberapa tempat duduk. Dari situ, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dan menikmati angin segar sambil bersantai.

disini juga disediakan berbagai fasilitis bagi pengunjung seperti area parkir kendaraan, toilet, penginapan, wahana permainan seperti outbond, jembatan gantung dan flying fox, rumah hobbit, dan berbagai spot keren untuk camping. Dan yang paling penting adalah pengunjung bisa  menikmati gulungan awan yang menyelimuti perbukitan dibawahnya dengan hanya menyisakan puncak-puncak yang kelihatan. Juga pesona sunrise dan sunset disini dijamin sangat memanjakan mata.

Selain lanskapnya yang sangat menawan, tempat ini juga memiliki sisi historis dimana Puncak tertinggi di Pango-pango bernama Tendan Bara’ adalah tempat dimana Belanda membuat sebuah monumen tembok karena merupakan puncak yang sangat indah. Belanda Juga membuat perumahan di Pango-Pango ketika mereka berkuasa di Toraja.

dan ketika masa penjajahan Jepang, Pango-Pango digunakan sebagai tempat perlindungan oleh masyarakat Toraja dan  membuat rumah sementara diatas. dan dari catatan sejarah, Jepang ternyata ikut juga keatas untuk membuat lubang-lubang perlindungan dan pemantauan terhadap musuh. Pandangan yang luas dari atas menjadi alasan mengapa Pango-Pango dijadikan tempat pelarian atau perlindungan pada masa penjajahan.

Singkatnya, Agrowisata Pango-Pango adalah hutan yang terletak di puncak bukit yang menjadi lokasi yang sempurna untuk relaksasi dan menghilangkan stres dengan menikmati sejuknya hutan pinus dan panorama dari puncak Pango-Pango sambil menikmati kopi Toraja bersama rekan atau keluarga adalah cara menghabiskan akhir pekan yang nikmat. jadi bagaiman apakah anda tidak tertarik untuk berkunjung ke sini..

Post a Comment for "Menyambangi Pango - Pango, Agrowisata diatas Langit Toraja"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi