Wisata Bukit Ollon, Menikmati Panorama Bukit Telettubies Toraja

toraja culture
Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja sebuah daerah yang jauh dari kata modern dan bisa dikatakan sangat jauh dari perhatian pemerintah kini tiba-tiba menjadi salah satu destinasi tujuan wisata yang gak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Toraja. Karna disana terdapat Bukit Ollon Toraja yang mendadak terkenal karena pesonanya yang sangat indah dan mengingatkan kita pada Bukit Telettubies dengan hamparan padang rumput hijau dan indah. dan tidak mengherankan karna Toraja selama ini memang telah dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki warisan budaya dan panoraman alam yang terkenal hingga ke luar negeri.

Ollon adalah nama sebuah desa yang masuk dalam wilayah Lembang Bau, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja. Yang jaraknya sekitar 35km dari Kota Makale Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja. Untuk anda yang senang dengan tantangan, Bukit Ollon bisa menjadi salah satu tujuan menantang yang perlu diuji. Selain kondisi jalan yang curam dan masih sederhana.

Untuk sampai ke Ollon, jalan paling efesien adalah dari kota Makale menuju ke arah Rembon lalu belok ke jalur Batusura’ menuju ke Buakayu. Setelah sampai di Buakayu, kita lurus terus mengarah ke bagian selatan melalui pasar dan kantor kecamatan Bonggakaradeng. Setelah menemukan persimpangan tiga sebelum jembatan antara Buakayu dan Rano, ambil arah turun ke sebelah kanan, karena jalur ke kiri yg menuju jembatan adalah arah ke Rano. Kira-kira tiga kilomter dari simpang itu, kita akan menemukan jalan rintisan di sebelah kanan yang menyusuri gunung. Pilih jalur kanan tersebut dan ikuti terus jalan yang paling berjejak karena beberapa simpang di gunung menuju ke tempat lain namun sangat berbeda jejak kendaraannya. Jalan yang menuju ke Ollon akan terlihat berbeda karna sering dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sebelum Ollon berubah jadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh banyak orang. Kawasan Ollon merupakan lokasi peternakan dan perkebunan. Dimana warga setempat selama ini memanfaatkan lahan mereka yg berada disana menjadi lahannya untuk dijadikan area perkebunan dan memanfaatkan tanah yang luas untuk angon sapi dan juga kuda. dan oleh karna itu selain pengunjung bisa menikmati pemandangan dan bermain air di sungai, mereka jg bisa menyewa kuda milik penduduk yang berada disekitar lokasi untuk berjalan-jalan mengelilingi perbukitan.

Jadi gimana apakah anda tidak berminat atau berencana melakukan perjalanan kesini. Atau setidaknya berencana berkunjung ke Toraja.