Menyambangi Pemukiman Adat " Desa Adat Palawa "


toraja culture


Toraja memamang terkenal dengan keanekaragaman adat dan budaya yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat yang wajib dijadikan tujuan wisata saat berkunjung ke Toraja adalah Desa Adat Pallawa.

Desa Adat Palawa ini berada di Kecamatan Sesean. yang jarak sekitar 12 km dari Kota Rantepao Ibu Kota dari Kabupaten Toraja Utara.

konon katanya Pada dulu kala, Desa Adat Palawa mempunyai tradisi kanibal. dimana saat terjadi perang antar desa, manusia yang menjadi korban perang, dagingnya akan dimakan, dan darahnya akan diminum. Namun, dengan berjalannya waktu, pihak tetua adat suku Toraja menghilangkan tradisi makan daging manusia tersebut dan menggantinya dengan makan ayam, yang mana dikenal dengan nama Pallawa manuk. Jadi gak perlu kahwatir jika anda berkunjung ke sana karna tradisi tersebut sudah tidak ada lagi.

Desa adat Palawa ini memiliki 11 Rumah Tongkonan yang mana masing-masing Rumah Tongkonan mempunyai lumbung padi yang berjumlah 15 lumbung padi yang dalam bahasa Toraja disebut Alang. Atapnya terbuat dari bambu yang ditumbuhi oleh beragam tumbuhan liar. Hal ini dikarenakan usia rumah tongkonan yang telah ratusan tahun. Untuk struktur bangunannya pun terbilang unik karena terbuat dari kayu besi, sehingga tetap berdiri gagah hingga saat ini. Pada rumah-rumah tertentu, terdapat berderet tanduk kerbau yang terpajang di bagian depannya. Tanduk kerbau tersebut merupakan simbol bahwa pemilik rumah adalah tuan yang sudah melakukan Upacara Rambu Solo.

Saat ini rata - rata Rumah Tongkonan yang ada di Toraja sudah tidak ditinggali. begitu pula Rumah Tongkonan yang berada di Desa Adat Palawa. Karena pada dasarnya rumah tongkonan merupakan milik dari keluarga besar, sehingga tidak bisa dimiliki oleh pribadi saja. Jadi, masyarakat setempat membangun rumah-rumah baru yang berada di belakang tongkonan tersebut. 

Pemandangan yang dihadirkan disana terbilang cukup indah dan asri. Seolah seperti masih perawan dan belum terjamah oleh tangan-tangan nakal. Selain terkenal karena Rumah Tongkonan desa ini juga terkenal karena seni tenunnya. Anda juga dapat mencoba sendiri seni menenunnya.

dan bagi anda yang ingin mencari souvenir untuk oleh-oleh tak perlu khawatir karena souvenir juga tersedia disini. Macam souvenirnya berupa kain tenun, gelang, ukiran kayu, senjata hingga kopi khas Toraja yang juga sudah terkenal hingga ke luar negeri. jadi tunggu apa lagi, jika ada memiliki waktu untuk liburan bersama keluarga atau teman anda, Sesekali anda dapat mencoba sensasi liburan berbeda di Desa Adat Pallawa.

Post a Comment for "Menyambangi Pemukiman Adat " Desa Adat Palawa ""

Template Blogger Terbaik Rekomendasi