LONDA Menyambangi Kuburan Gua Alam Khas Toraja.

toraja culture

Londa juga merupakan salah satu objek wisata populer di Toraja. yang terletak di desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi' Kabupaten Toraja Utara,Kurang lebih 7 KM dari selatan Kota Rantepao yang merupakan ibukota dari kabupaten Toraja Utara.

Bicara soal objek wisata yang satu ini, Londa adalah objek wisata yang berupa kuburan gua alam. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 1000 meter, dan bagi anda yang ingin menelusuri gua anda harus menggunakan penerangan. namun tidak usah kahwatir karena diluar gua banyak masyarakat setempat yang menyewakan lampu petromaks bagi yang ingin memasuki gua sekaligus mereka berperan sebagai guide bagi wisatawan yang ingin masuk menelusuri gua makam londa.

menelusuri gua, terdapat banyak tengkorak dan tulang yang berserakan. Di beberapa tempat, tampak peti-peti mati yang ditumpuk atau diatur sedemikian rupa. Pengaturan itu disesuaikan dengan garis keturunan atau keluarga. menurut sejarah kumpulan tengkorak dan tulang belulang yang ada di gua ini sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun.

namun bagi anda yang mungkin merasa takut atau enggan untuk masuk menelusuri gua tidak usah kecewa bila anda datang berwisata ke Londa. karena londa tidak hanya menyuguhkan wisata gua.

diluar gua juga hampir sama dengan keadaan didalam gua, tampak tulang-tulang berserakan. Tulang-tulang tersebut berasal dari peti mati yang awalnya digantung diatas tebing-tebing namun karna termakan usia maka peti - peti itu jatuh.

menurut kepercayaan Aluk Todolo yang merupakan kepercayaan nenek moyang orang toraja bahwa orang yang meninggal dapat membawa hartanya ke kehidupan setelah mati. Inilah salah satu alasan mengapa orang - orang Toraja zaman dulu mengubur peti-peti mati di tempat-tempat yang tinggi. Selain untuk melindungi harta yang ikut dikubur, mereka juga percaya bahwa semakin tinggi letak peti mati maka semakin dekat perjalanan roh yang meninggal menuju tempatnya setelah mati ( nirwana ).

diluar gua juga nampak deretan patung - patung manuasia yang menggambarkan mereka yang dikubur di tempat itu dalam bahasa orang Toraja disebut tau - tau. jadi bagi anda yang ingin mengunjungi atau berniat untuk jalan - jalan ke Toraja jangan sampain melewatkan untuk berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

untuk mencapai lokasi kuburan gua ini sangat mudah anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkutan umum, ojek, atau pun mobil atau motor sewaan.

Post a Comment for "LONDA Menyambangi Kuburan Gua Alam Khas Toraja."

Template Blogger Terbaik Rekomendasi