Ke'te' Kesu' Perkampungan Tua dengan Pesona Alam yang Mempesona

toraja culture

Toraja dikenal akan keindahan alam dan kebudayaan masyarakatnya yang masih tetap memegang teguh ajaran leluhur. jadi Tidak heran jika hal ini menjadikan Toraja menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Ke'te' Kesu' yang merupakan desa wisata yang dikenal akan adat dan kehidupan tradisional masyarakatnya, yang masih mempertahankan nilai-nilai sejarah dari kehidupan masa lalu.

Ke'te Kesu' salah satu objek wisata di Toraja dan bisa dikatakan yang paling populer.ke'te' Kesu' Letaknya 4 km sebelah timur laut Kota Rantepao tepatnya di Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara. ke'te kesu' dikatakan desa wisata dikarenakan di tempat ini dapat ditemui deretan rumah Tongkonan ( rumah Tradisional Toraja) dan Alang ( lumbung Padi ).Selain itu terdapat deretan batu - batu besar( megalith ) yang dalam bahasa toraja disebut batu Simbuang. Upacara adat juga sering digelar oleh masyarakat sekitar didesa ini, terutama prosesi upacara kematian atau biasa disebut “Rambu Solo”. Karena keunikan budayanya yang tidak dimiliki oleh desa lain, sehingga Kete Kesu ditetapkan sebagai cagar budaya oleh UNESCO. Kabar ini tentunya cukup menggembirakan untuk potensi pariwisata di Tana Toraja, di mata dunia international.

Tongkonan yang berada di Ke'te' Kesu' merupakan warisan yang dimiliki secara turun-temurun. yang diperkirakan sudah berumur sekitar 300 tahun. Dari segi bangunannya memang sudah tampak terlihat tua dan berumur, atapnya yang terbuat dari susunan bambu sudah ditumbuhi dengan lumut dan daun-daun. Selain itu Ke'te' Kesu' juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kerajinan pahat, ukir dan lukis yang sudah diakui dunia. Beberapa penduduk desa memang ahli mengukir dan memahat patung. Mereka juga terbiasa membuat tau-tau , patung yang digunakan untuk upacara pemakaman dalam adat Toraja. Mereka juga sering menggunakan keahlian untuk mengukir peti mati dan rumah adat. dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduknya sehingga penduduk disekitarnya Sekaligus menjadikan Ke'te' kesu' sebagai objek wisata belanja, khusus kerajinan rakyat berupa souvenir.

Ke'te' Kesu' juga dikenal dengan pemakaman para keturunan bangsawan Toraja. Di belakang deretan tongkonan, ada kompleks pemakaman yang berdinding batu kapur. Konon, makam-makam tua di sini berumur hingga 700 tahun. Tulang-tulang dan tengkorak berserakan di dalam gua dan di sekitar pemakaman. Peti-peti mati atau erong dipahat menyerupai bentuk perahu, kerbau, dan babi. Ada juga patene atau makam modern yang berbentuk rumah-rumahan. Puluhan tau-tau yang membisu, terkunci di dalam sebuah ruangan khusus.

Untuk aksek menuju ke Ke'te' Kesu' dapat dijangkau kendaraan bermotor, baik kendaraan rental maupun angkutan umum.

Post a Comment for "Ke'te' Kesu' Perkampungan Tua dengan Pesona Alam yang Mempesona"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi