Kuburan Batu Lo'ko' Mata , Salah Satu Destinasi Wisata Indah di Toraja

toraja culture
Objek wisata yang kali ini akan saya bahas adalah Lo'ko' Mata yang merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak kalah indah dan menawan dengan tempat – tempat wisata lainnya yang berada di Toraja.

Objek Wisata Lo’ko mata ini merupakan sebuah tempat pemakaman atau kuburan yang terbuat dari sebuah batu besar yang sudah digunakan masyarakat sekitar sejak dari dulu dan hingga saat ini masih tetap digunakan sebagai tempat pemakaman.

Objek wisata yang luar biasa ini terletak kurang lebih 30 km dari kota Rantepao. Tepatnya di Daerah Batutumonga, Kabupaten Toraja Utara. Untuk menuju ke tempat ini dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat selama kurang lebih 45 menit.

Batutumonga merupakan daerah yang letaknya berada di puncak paling tinggi di Rantepao. Sehingga membuat perjalanan menuju ke lo’ko mata bisa dikatakan sangat memanjakan mata. Disepanjang jalan terhampar dengan hijaunya sawah dan pepohonan rindang. Selain itu, sepanjang perjalanan menuju Loko Mata tersebut terdapat pemandangan menarik lain yang dapat Anda kunjungi seperti deretan rumah adat tongkonan di Pallawa,dan batu menhir di Bori.

Terdapat pula beberapa batu besar ditiap tikungan jalan bila menuju tempat ini. namun hal demikian bukannya mengerikan melainkan semakin memberi pemandangan yang sungguh unik. Keindahan dan keunikan objek wisata ini tentu akan membuat diri Anda terpana dan ingin mengabadikan momen berharga tersebut.

Keunikan adat masyarakat Toraja inilah yang menjadi salah satu daya tari menarik bagi banyak wisatawan untuk berkunjung ke Toraja.

Post a Comment for "Kuburan Batu Lo'ko' Mata , Salah Satu Destinasi Wisata Indah di Toraja"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi