Legenda Ibu menyusui di Permandian Telaga Tilangnga’

toraja culture

Tilangnga’ merupakan Salah satu Objek Wisata di Toraja yang juga popular dan banyak dikunjungi Wisatawan baik wisatawan mancanegara mau pun Wisatawan Lokal. Objek Wisata yang satu ini adalah sebuah permandian alam yang berupa Telaga dengan dikelilingi Pepohonan dan tebing – tebing batu dan menyimpan banyak cerita yang melegenda di Masyarakat Toraja.

Permandian yang berada di Kelurahan Sarira Kecamatan Makale Utara, yang berjarak sekitar 9 Km dari Kota Makale Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja ini menyimpan sebuah legenda seorang ibu yang melanggar adat dengan mengumpat dan berkata tidak sepantasnya di Telaga Suci Tillangnga’. konon katanya sang ibu yang sedang mencuci ini berteduh di dalam sebuah goa yang berada di sekitar telaga karena hujan tiba – tiba turun dengan dengan deras dan disertai petir. Karena perbuatan  sang ibu yang berkata tidak sewajarnya di Telaga ini dan belum bertobat maka pada saat bersamaan sang Ibu yang sedang berteduh dalam goa bersama anaknya ini terkena kutukan dan akhirnya menjadi batu.

 Mitos ini melegenda dikarenakan dengan adanya sebuah batu yang menyerupai seorang ibu yang sedang menyusui dengan posisi jongkok berada di dalam gua yang terdapat disekitar telaga. Dan batu tersebut sering dikunjungi pasangan suami istri yang sudah sekian tahun berumah tangga, namun belum dikaruniai anak. Syaratnya, bila berkunjung ke gua Tilangnga tersebut hanya membawa sesajian berupa telur maupun dupa sambil berdoa dan bermohon agar diberi keturunan sambil memegang payudara sang ibu. Apabila permintaan berhasil dan dikabulkan, spontan payudara ibu mengeluarkan air putih seperti air susu ibu. Kemudian diminum dan dalam jangka waktu sekian bulan pasangan suami isteri sudah diberi keturunan.

Tidak hanya legenda dan cerita unik yang berada di telaga ini yang menjadi daya tarik dari Objek wisata yang satu ini. daya tarik yang lain bagi para pengunjung dan merupakan yang paling utama pada objek wista ini adalah permandiannya yang menyuguhkan permandian telaga dengan kesejukan dan beningnya air telaga. Tidak hanya itu didasar telaga, banyak hidup ikan lele maupun belut se-ukuran paha manusia dewasa. Hewan-hewan ini tidak boleh diganggu, apalagi dipancing karena akan membawa bahaya bila dilanggar.

Inilah yang menjadikan Objek Wisata ini menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Toraja.


Post a Comment for "Legenda Ibu menyusui di Permandian Telaga Tilangnga’"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi