Sejarah Singkat Puang Lakipadada

toraja culture
Sebelumnya telah dibahas bahwa Puang Puang Tomanurun Tamboro Langi’ menikah dengan seorang puteri dari Tongkonan Ullin Sapan Deata yaitu Sandabilik dan mereka memiliki 8 (delapan) orang anak. 4 orang putri dan 4 orang putra. 

Menurut sejarah Toraja salah seorang Putra Puang Tomanurun Tamboro Langi’ yaitu Puang Sanda Bora yang menguasa Daerah selatan dari Daerah Adat di Puangngi ( Paling selatan Toraja ) dengan Tongkonan Batu Borong menikah dengan Anak dari Puang di Bagian selatan berama Datui Pattung atau Ao’ Gading Dari pernikahannya itu Lahir 2 (dua) orang anak,masing – masing :
  1. Puang Matemalolo ( perempuan)
  2. Puang Lakipadada (laki-laki)
Dan berdasarkan sejarah Puang Lakipadada setelah dewasa pergi mengembara yang dalam mitos Lakipadada pergi mencari kehidupan abadi dan terdampar di daerah Gowa dan dianggap sebagai orang asing karena tidak ada yang mengenalinya dan mengetahui asal daerah dia datang. Tetapi karena Puang Lakipadada mempunyai keahlian dan kesaktian, maka Lakipadada diangkat sebagai Raja. 

Menurut sejarah Puang Lakipadada menikah dengan seorang Putri Raja Gowa yang bernama Karaeng Tata Lolo, dan dari Pernikahannya itu lahir 3 orang Putra yang dalam sejarah diceritakan bahwa ketiga putra Lakipadada itulah yang menguasai ketiga rumpun Suku besar di Sulawesi Selatan yaitu : Suku Bugis, Suku Makassar,dan Suku Toraja. Yang ketiga putra Lakipadada itu dalam Sejarah Toraja dikenal sebagai Tallu Botto ( Tallu = Tiga, Botto = Puncak/ Penguasa). Ketiga putra Puang Lakipadada yaitu : 
  1. Patta La Bantan yang Berkuasa di Tondok Lepongan Bulan atau Toraja. Yang bergelar Matasak Ri Lepongan Bulan. 
  2. Patta La Marang yang berkuasa di Gowa dan bergelar Somba Ri Gowa. 
  3. Patta La Bunga yang berkuasa di Luwu’ atau Wara’ dan bergelar Payung Ri Luwu atau Wara. 
Itulah sekilas tentang Puang Lakipada, dan semoga artikel yang saya tulis ini memberikan manfaat bagi anda yang membacanya.

Post a Comment for "Sejarah Singkat Puang Lakipadada"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi